๐Ÿ“—Umdatul ahkam (Bab tentang adzan)
Fawaid Taklim Ustadz Muhammad Syahrir, Lc ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡

Adzan merupakan panggilan untuk sholat berjama’ah. Disyariatkan pada tahun pertama hijriah di madinah.

Seorang sahabat yang bernama Abdullah bin Zaid melihatnya (adzan) di dalam mimpinya kalimat-kalimat adzan. Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mentakrir (membenarkan) mimpi sahabat tersebut dan mengatakan, “Itu merupakan mimpi yang benar”. Kemudian Rosulullah mengatakan, “Beritahukan kepada Bilal bin Robah apa yang kamu lihat dalam mimpimu dan suruh Bilal bin Robah untuk mengumandangkan adzan karena sesungguhnya Bilal bin Robah suaranya lantang”.

Beliaulah yang ditunjuk untuk mengumandangkan adzan. Muadzinnya Rosululllah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Maka sejak itu dikumandangkanlah adzan untuk memanggil orang-orang untuk sholat berjama’ah.

Kalimat-kalimat adzan ini meskipun singkat namun kalimatnya agung yang isinya tentang tauhid. Yang dimulai dengan kalimat ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑู Membesarkan Alloh Subhanahu wa Ta’ala. Sholat merupakan ibadah yang kita kerjakan untuk memperlihatkan kerendahan kita dihadapan Alloh Ta’ala. Mulai dari berdiri kemudian rukuk itu merupakan bentuk penghormatan yang luar biasa kemudian berdiri lagi kemudian sujud. Sujud merupakan sebuah ibarat bentuk penghinaan diri kita kepada Alloh Ta’ala. Kalimat yang menunjukkan Kita ini hamba yang hina dan akan mulia jika Alloh Ta’ala memuliakan kita.

Kemudian dilanjutkan dengan kalimat ุฃูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽู†ู’ ู„ูŽุง ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ู‘ูŽุง ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู Saya bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Alloh Subhanahu wa Ta’ala. Ini merupakan kalimat tauhid yang diiringi dengan kalimat ุฃูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู‹ุง ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู Dan saya bersaksi bahwasanya Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah Nabi dan Rosul yang diutus oleh Alloh Subhanahu wa Ta’ala. Kedua kalimat ini merupakan kalimat syahadat. Ketika orang masuk islam maka dia diperintahkan untuk mengucap dua kalimat syahadat. Merupakan rukun islam yang pertama yang menunjukkan pentingnya rukun islam yang pertama tersebut.

Baca Juga  Aku Heran

Tidak akan berguna sholat seseorang kalau yang bermasalah adalah tauhidnya misal dia melakukan kesyirikan. Menyembah Alloh dan juga menyembah selain Alloh maka sholat yang ia kerjakan akan sia” tidak bermanfaat. Maka pada saat orang” dipanggil untuk sholat mereka sudah diingatkan tentang mentauhidkan Alloh Ta’ala.

Kemudian dilanjutkan dengan kalimat ุญูŽูŠู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู Panggilan untuk sholat. Disinilah baru masuk intinya adzan. Kenapa didahului kalimat ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑู kemudian dua kalimat syahadat baru masuk pada intinya yaitu ุญูŽูŠู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ? Ini sama dengan yang dilakukan Nabi Yusuf ‘alaihissalam ketika berada dalam penjara. Ada 2 orang yang bermimpi dan yakin bahwa ada tafsiran dari mimpinya. Dan Nabi Yusuf ‘alaihissalam satu”nya orang dalam penjara yang bisa menafsirkan mimpinya. Maka orang itu bertanya kepada Nabi Yusuf ‘alaihissalam apa tafsir dari mimpi mereka. Dan sebelum Nabi Yusuf ‘alaihissalam menjelaskan tafsir mimpinya maka yang pertama disebutkan Nabi Yusuf ‘alaihissalam adalah tentang mentauhidkan Alloh Subhanahu wa Ta’ala baru setelah itu masuk kepada intinya. Nabi Yusuf ‘alaihissalam menjelaskna dulu tentang perkara iman perkara tauhid. Begitupula dengan panggilan sholat didahului dengan kalimat” tauhid.

Kemudian kalimat ุญูŽูŠู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ููŽู„ูŽุงุญู Kemenangan yang dimaksud adalah sholat itu sendiri karena orang yang mendirikan sholat mereka adalah orang” yang menang. Menang di dunia dan menang di akhirat nanti.ย  “Orang” yang beruntung adalah orang” yang khusyu’ dalam sholatnya”

Kemudian ditutup dengan kalimat ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑู . ู„ูŽุง ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ู‘ูŽุง ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู

#Adab-adab Muadzdzin:

  1. Hendaknya adzan dalam kondisi sudah berwudhu. Apakah boleh adzan tanpa berwudhu? Adzannya sah meskipun menyelisihi adab yang dianjurkan.
  2. Adzan dalam kondisi berdiri. Apakah boleh duduk ? Boleh namun ini menyelisihi yang afdhol.
  3. Disunnahkan adzan menghadap kiblat. Apakah boleh tanpa menghadap kiblat ? Boleh namun ini menyelisihi yg afdhol.
  4. Disunnahkan meletakkan jari ditelinga. Pada saat mengatakan ุญูŽูŠู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู menoleh kekanan dan pada saat mengatakanุญูŽูŠู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ููŽู„ูŽุงุญู menoleh kekiri.
Baca Juga  Mengapa sih Harus Islam Terus yang Dijadikan Candaan?

#Hikmah Adzan:

  1. Untuk menampakkan syiar” islam. Kita diperintahkan untuk menampakkan syiar” islam. Yang bisa kita nampakkan maka kita nampakkan syiar” islam baik secara umum atau khusus. Secara umum seperti adzan dan secara khusus kita nampakkan syiar” islam dengan penampilan kita. Yang ada jenggotnya dibiarkan tumbuh jenggotnya. Kemudian pakaian bagi laki”, diatas mata kaki merupakan syiar” islam yang perlu kita banggakan dan jangan kita merasa rendah ketika menampakkan syiar” islam. Islam itu merupakan kemuliaan kita. Sebagaimana perkataan Umar bin khottob radhiyallhu ‘anhu , “Kami adalah kaum yang sudah dimuliakan oleh Alloh Ta’ala dengan islam maka barangsiapa yang mencari kemuliaan diluar islam maka Alloh Ta’ala akan menghinakannya”.ย  Ketika kaum muslimin lebih berbangga dengan orang” di luar sana ketimbang islam itu sendiri maka itu merupakan sebab kehinaan umat islam.
  2. Sebagai pengumuman tentang masuknya waktu sholat. Bersiap” untuk menghadiri sholat berjama’ah.
  3. Untuk mengusir syaithon. “ketika adzan dikumandangkan maka syaithon lari terbirit” menjauh dari suara adzan. Namun setelah adzan selesai maka syaithon kembali untuk menggoda orang” yang sholat”

#Hukum Adzan:

Merupakan fardhu kifayah. Dalam artian ketika ada sebuah kampung tidak ada satu orang pun yang adzan dikampung tersebut maka semua penduduknya berdosa namun jika sudah ada yang mewakili maka sudah jatuh kewajiban bagi yang lain. Sebagaimana sabda Rosulullah , “Jika ada 3 orang disebuah kampung atau lebih dari 3 orang dan tidak ada yang adzan dan tidak ditegakkan sholat berjama’ah dikampung tersebut maka syaithon akan menguasai mereka” Dan ini merupakan sebuah ancaman. “Ancaman tidak akan ada pada hal” yang sifatnya meninggalkan sunnah” Artinya dia adalah kewajiban.

Dari Anas bin malik radhiyallahu ‘anhu , Beliau mengatakan , “Bilal bin robah diperintahkan untuk menggenapkan adzan dan mengganjilkan iqomah”. Maksudnya yang digenapkan adalah lafadz”nya kecuali kalimat ู„ูŽุง ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ู‘ูŽุง ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู diakhir adzan. Dan untuk iqomah diperintahkan untuk mengganjilkannya kecuali kalimat ู‚ูŽุฏู’ ู‚ูŽุงู…ูŽุชู’ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ู‚ูŽุฏู’ ู‚ูŽุงู…ูŽุชู’ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑู

Baca Juga  Puasa Tasua dan Asyura

Menurut para ulama kita meyimpulkan diantara hikmahnya Adalah Karena adzan itu adalah untuk mengingatkan orang” yang sedang sibuk maka perlu diingatkan sampai 2kali bahkan sampai 4kali. Adapun iqomah adalah untuk memanggil orang” yang sudah siap mendirikan sholat maka tidak perlu diperpanjang lafadznya cukup sekali saja.

#Keutamaan adzan dan muadzin:

  1. Rasulullah bersabda, “Sekiranya orang” tau keutamaan yang Alloh berikan kepada orang” yang adzan dan shaff yang pertama dan mereka tidak bisa mendapatkannya kecuali dengan diundi maka mereka akan mengundinya”
    Tidak disebutkan berapa besar pahalanya. Menunjukkan bahwa adzan itu pahalanya besar disisi Alloh Ta’ala.
  2. Rosulullah bersabda, “Para muadzin adalah orang” yang paling panjang lehernya pada hari kiamat”. Menurut sebagian ulama , dalam istilah orang” arab para pemuka” kaum disebut sebagai orang” yang panjang lehernya. Merupakan sebuat ibarat terhadap orang” yang pemuka” kaum. Artinya para muadzin adalah para pemuka” kaum atau para pemimpin” nanti di akhirat.

Wallahu a’lam
Catatan Harianto Madia

Silakan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here