*📘Tafsir surah An-Naṣr*
*🎙Ustadz Hasbi Halid.,Lc حفظه الله*

🌅Surah ini memberikan motivasi bagi para pejuang” dakwah dijalan Alloh Subhanahu wa Ta’ala. Surah yang membangkitkan semangat kaum muslimin untuk meraih kemenangan.

– Perlu dibedakan ada yang dinamakan ayat terakhir turun dan ada juga surah terakhir turun (satu surah) kepada Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Menurut kesepakatan para ulama, ayat terakhir yang turun ialah dari surah Al-Baqoroh ayat 281, kurang lebih sepekan sebelum wafatnya Rosulullah maka turunlah ayat tsb. Sedangkan surah terakhir yang turun ialah surah An-Naṣr.

– Rosulullah berdakwah di kota mekkah selama 13 tahun. Kemudian Setelah kaum muslimin mengalami penindasan yang sangat keras dari orang” kafir quraisy maka Rosulullah diperintahkan untuk berhijrah ke kota madinah. Setelah di madinah membawa syari’at islam didalamnya hingga kemudian Rosulullah berhasil mendidik, *mentarbiyah* dan mencetak kader” yang handal dalam medan dakwah. Sehingga pada tahun 8 hijriah ketika orang” quraisy melanggar perjanjian hudaibiyah maka Rosulullah memerintahkan kepada para sahabat untuk bersiap” memasuki kota mekkah karena ini adalah janji Alloh yang ditunggu” Rosulullah dan para sahabat.

Alloh berfirman di awal ayat :

إِذَا جَاءَ نَصْرُ اللَّهِ وَالْفَتْحُ(1

_”Apabila telah datang pertolongan Alloh dan kemenangan”_

Semua ulama sepakat bahwa Kata” _alfath_ “kemenangan” yang dimaksud dalam ayat ini adalah peristiwa penaklukan kota mekkah (fathu mekkah).

🖇Setelah sekian tahun terusir dari kota kelahirannya kemudian tibalah peristiwa penaklukkan kota mekkah tersebut dan meraih kemenangan. Rosulullah membawa 10 ribu pasukan memasuki kota mekkah dalam keadaan tawadhu dan rendah hati. Orang” quraisy ditahun tersebut tidak berkutik sama sekali karena kebanyakan pemimpinnya sudah masuk islam, di antaranya Khalid bin Walid dan Amr bin al-Ash. Tersisa Abu Sufyan yang masih musyrik pada waktu itu namun ujung”nya beliau juga masuk islam di tahun tersebut.

– Rosulullah masuk ke dalam kota mekkah dengan ceria dalam keadaan menunduk sampai” jidat beliau hampir menyentuh pelana kuda. Karena beliau yakin bahwa kemenangan yang diraih semata” karena pertolongan Alloh Subhanahu wa Ta’ala.

Kata” _nashrulloh_ “pertolongan Alloh”
disandarkan kepada lafdzul jalalah menunjukkan bahwa tidak ada kemenangan sedikitpun yang didapatkan oleh kaum muslimin kecuali atas pertolongan Alloh Ta’ala. Rosulullah menuju ka’bah untuk menghancurkan 360 patung di sekitar ka’bah dengan tangan beliau kemudian masuk untuk sholat dhuha.

Baca Juga  ANTARA DUA SENYUM

📣Kemudian Rosulullah keluar dan berdiri di depan pintu ka’bah seraya berkata kepada orang” quraisy,
_”Apa yang kalian sangka apa yang aku lakukan pada kalian pada hari ini?_

Orang-orang quraisy yang ada di sekitar ka’bah meminta belas kasihan kepada Rosulullah dan berkata, _’Engkau adalah anak keturunan yang baik dan engkau tidak dikenal kecuali kebaikan maka kami tidak menyangka apa yang akan engkau lakukan pada hari ini kecuali kebaikan’_

Kemudian Rosulullah mengatakan:
“Pada hari ini Aku hanya akan mengatakan kepada kalian sebagaimana ucapan Nabi Yusuf kepada suadara-saudaranya
(sebagaimana firman-Nya)

قَالَ لَا تَثْرِيبَ عَلَيْكُمُ الْيَوْمَ ۖ يَغْفِرُ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَهُوَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ

_”Dia (Yusuf) berkata: ‘Tidak ada celaan bagi kalian pada hari ini, mudah-mudahan Alloh mengampunimu dan Dia adalah Maha Penyayang diantara para Penyayang'”_
(QS. Yūsuf :92)

*Pergilah. Kalian bebas pada hari ini.”*

_Subhanalloh_

💌Ketika kita ingin melihat bagaimana sifat pemaafnya seseorang maka lihatlah ketika sebenarnya ia mampu membalas namun justru ia memaafkan.

*Inilah puncak akhlak yang paling mulia*

Kemudian Alloh berfirman :

وَرَأَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُونَ فِي دِينِ اللَّهِ أَفْوَاجًا(2

“Dan engkau lihat manusia masuk dalam agama Alloh dengan berbondong-bondong”

🖇Ayat yang ke dua ini ditafsirkan oleh para ulama kita yaitu peristiwa satu tahun setelah peristiwa fathu mekkah. Tahun 9 hijriah disebut sebagai _’Am al-Wufud_ (tahun para utusan), semua suku” yang ada disekitar jazirah arab mengirimkan utusannya untuk mengumumkan diri mereka untuk masuk ke dalam agama Alloh Subhanahu wa Ta’ala.

Kemudian Alloh berfirman :

فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُ ۚ إِنَّهُ كَانَ تَوَّابًا(3

_”Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima Taubat”_

💬Ada sebuah riwayat dari Abdullah bin Abbas, ia berkata, “Pada saat ‘Umar bin Khoththob radhiyallahu ‘anhu menjadi khalifah, ia mengadakan majelis dengan sahabat” senior yang memiliki keutamaan dan kedudukan dimata Rosulullah dan para sahabat.

Baca Juga  ASA YANG TAK PUTUS

🍀Kemudian ‘Umar juga memanggilku (ketika itu masih umur belasan tahun), lalu orang” berkata, ‘kenapa engkau memasukkan anak kecil ini dalam majelis kita ?

❓Lantas ‘Umar bertanya, “Wahai sahabatku, bagaimana pendapat kalian tentang ayat (yang artinya), _”Apabila telah datang pertolongan Alloh dan kemenangan”_ (1) – sampai akhir surah (QS. An-Naṣr :1-3).

Sebagian sahabat berkata, “setahu kami, kita diperintahkan memuji Alloh dan meminta ampun kepada-Nya, ketika kita mendapatkan pertolongan dan kemenangan.” Sebagian lagi diam.

💫Lantas ‘Umar bertanya kepadaku, “Apakah engkau sependapat dengan tafsiran mereka ? “tidak”, jawabku. “Lalu bagaimana tafsiranmu?”, tanya ‘Umar.

💡Abdullah bin Abbas menjawab, “Surah ini merupakan dekatnya ajal Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam”

Kemudian ‘Umar berkata, aku tidak mengetahui penafsiran ayat tersebut selain apa yang engkau (Abdullah bin Abbas) ketahui.”

*Olehnya, surah ini dikenal juga dengan nama surah _At-Taudi’_ (surah perpisahan)*

– Setelah menjelaskan nikmat yang sangat besar (Kemenangan) yang Alloh Ta’ala berikan kepada Rosulullah maka Alloh juga menyebutkan cara mensyukurinya, yaitu dengan memuji Alloh dengan bertasbih.

🍃Makna kalimat _tasbih_ (Subhanalloh) ialah mensucikan Alloh Subhanahu wa Ta’ala dari segala macam kekurangan. Kalimat tasbih akan sempurna maknanya ketika disandingkan dengan kalimat _hamdalah_ (Alhamdulillah). Dua kalimat ini selalu bergandengan karena ketika seorang hamba mengucapkan _subhanalloh_ artinya ia sedang mensucikan Alloh yang Maha Sempurna kemudian menambahkan kalimat _hamdalah_ segala puji hanya bagi Alloh, maka sempurnalah kalimat dzikir ini kepada Alloh ‘Azza wa jalla.

Rosulullah bersabda ,
_”Barangsiapa yang mengucapkan ‘subhanallahi wa bihamdihi’ (Maha Suci Alloh dan segala puji bagi-Nya) seratus kali dalam sehari, maka dosanya akan dihapus meskipun sebanyak buih di lautan.”_
(HR. Muslim)

Rosulullah bersabda ,
_”Ada empat kalimat yang paling dicintai oleh Alloh: (1) Subhanalloh, (2) Alhamdulillah, (3) Laa ilaaha illalloh, dan (4) Allahu Akbar. Tidak berdosa bagimu dengan mana saja kamu memulai.”_
(HR. Muslim)

Rosulullah bersabda ,
_”Dua kalimat yang sangat ringan di lisan namun berat di timbangan dan di cintai Ar Rahman, yaitu ‘Subhanallahi wa bihamdihi, Subhanallahil ‘azhim” (Maha Suci Alloh dan segala puji bagi-Nya, Maha Suci Alloh yang Maha Agung).”_
(HR. Bukhori dan Muslim)

Baca Juga  Cadar dan Keinginan Untuk Istiqomah Secara Sadar (1)

_Subhanalloh_

🌻Kehidupan Rosulullah adalah kehidupan paling mulia dan amalan Rosulullah adalah amalan yang paling mulia. Namun Alloh Subhanahu wa Ta’ala juga menyuruh Rosulullah di akhir” hayat beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk _beristighfar_ (memohon ampun) kepada Alloh dengan tujuan untuk menutupi semua kekurangan yang terjadi selama hidup beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam.

🌿Tujuan beristighfar setelah selesai melakukan amalan sholeh ialah :
>Untuk menutupi kekurangan” kita selama beribadah.
>Untuk menghilangkan perasaan ujub dalam diri kita.

– Setiap amalan” yang utama maka ditutup dengan istighfar, seperti sholat yang merupakan amalan paling besar dan kunci utama masuk surga. Pada pelaksanaan ibadah sholat, setelah salam maka yang dilakukan adalah beristighfar tiga kali. Karena di dalam sholat pasti ada saja yang membuat tidak khusyu’ sehingga membuat kita lalai maka dengan istighfar akan menutupi kekurangan” dalam sholat.

🌙️Sholat malam merupakan sholat yang paling utama setelah sholat wajib.

Alloh Ta’ala berfirman :

كَانُوا قَلِيلًا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ(17)وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ(18

_”Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam; dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Alloh).”_
(QS. Aż-Żāriyāt :17-18)

Alloh Ta’ala berfirman ketika menyebutkan ciri” penghuni surga :

الصَّابِرِينَ وَالصَّادِقِينَ وَالْقَانِتِينَ وَالْمُنْفِقِينَ وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ

_”(Yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Alloh) dan yang memohon ampun di waktu sahur.”_
(QS. Āli ‘Imrān :17)

_Subhanalloh_

🛡Al-Istighfar diambil dari kata (Istighfaro) yang berarti memohon kepada Alloh maghfiroh (ampunan). Adapun kata (Al-Maghfiroh) diambil dari kata (Mighfar) yang dalam bahasa arab berarti sebuah penutup kepala untuk melindungi kepala dari serangan senjata.

Sehingga ketika kita meminta istighfar kepada Alloh, maka dua yang kita minta:
1⃣Agar Alloh mengampuni dosa kita.
2⃣Agar Alloh menutupi kesalahan kita di dunia dan di akhirat.

💎Kata” _tawwabaa_ artinya Alloh ‘Azza wa jalla senantiasa menerima taubat hamba-hamba-Nya selama hamba tersebut betul jujur dalam taubatnya.

*Olehnya, jangan pernah berputus asa dalam beristighfar kepada Alloh ‘Azza wa Jalla*

Wallahu a’lam

Harianto Madia Hafizhahullah

Silakan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here