Hah…
Mungkin itu adalah helaan napas sebagian dari kita yang menyikapi kondisi saat ini. Bagaimana tidak, arus media sosial atau yang dikenal dengan medsos, mengalami gangguan luar biasa! Facebook, Whatsapp, Instagram mengalami kendala. Biasanya kita mudah untuk mengirimkan pesan berupa teks maupun gambar, bahkan video. Namun, mulai beberapa hari yang lalu, susah. Mungkin juga hal itu terjadi karena Anda kehabisan paket data?! 😌

Arus Lain

Berbagai Macam Arus Lain yang Bisa Anda Ambil
Jika membaca atau menyimak tentang motivasi, bahwa kehidupan manusia itu selalu ada halangan. Selalu ada tembok yang menghadang. Lalu, bagaimana menghadapinya? Apakah langsung dibenturkan ke tembok? Wah, bisa luka dong! Tembok kan keras luar biasa! Terbuat dari batu bata dan campuran semen. Jelas tidak mungkin ditabrak begitu saja. Kecuali mungkin tembok hati pasangan halal Anda yang sedang marah. Hadiahkan dia dengan THR Anda atau baju baru. Insya Allah, dijamin meleleh seperti es teler.
Nah, jalur yang telah terhalangi oleh sesuatu itu menuntut kreativitas kita untuk mencari solusi. Ya, solusi adalah bagian dari pemecahan masalah. Jadi, untuk memecahkan masalah memang tidak perlu pakai makalah! Yang harus ada konsep pemikiran, analisis dan bisa jadi masukan dari pihak lain.

Termasuk dalam hal ini adalah pemblokiran medsos. Jika tiga aplikasi andalan Anda seperti tersebut di atas mengalami gangguan atau memang sengaja dibuat seperti itu, ya, Anda mesti mencari jalan lain. Mungkin Anda perlu mencoba Telegram. Lho, apa itu? Silakan Anda cek sendiri di Google atau dengan teman-teman Anda. Aplikasi ini belum banyak dipakai masyarakat Indonesia, tetapi mempunyai fitur-fitur yang lebih bagus daripada Whatsapp.
Telegram Sebagai Alternatif Komunikasi Internet
Atau, bagi Anda yang pebisnis online, bisa memanfaatkan kembali email. Konon katanya, email adalah media komunikasi paling jadul, tetapi masih dikatakan paling unggul. Email tidak terkendala oleh gangguan dari medsos. Pesan yang disampaikan langsung masuk ke pihak lain secara pribadi. Meskipun masih banyak orang yang jarang membuka email. 
Solusi lain, memakai VPN seperti yang disarankan para warganet itu. Namun, ada sisi baik maupun buruknya. Baiknya karena bisa mempercepat akses terhadap media sosial yang terblokir. Sisi buruknya, keamanan data kita jadi rawan dimanfaatkan oleh pihak penyedia VPN. Silakan Anda pikirkan mana yang lebih baik?

Baca Juga  Ringkasan Sifat Shalat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam

Pemblokiran Mengerikan

Kondisi Mengerikan Jelas Tidak Menyenangkan
Masih bicara tentang pemblokiran, kira-kira apa sih yang termasuk mengerikan itu? Anda pernah mengalami yang mana sampai usia Anda saat ini? Mungkin, ketika kecil, Anda pernah diblokir komunikasi oleh orang tua Anda. Misalnya, Anda waktu itu disuruh membeli sesuatu, tetapi tidak Anda laksanakan. Nah, setelah itu, orang tua Anda tidak mengajak bicara. Waktu itu, mungkin Anda jadi bingung, kalau orang tua sudah tidak mengajak bicara, bisa gawat itu urusannya! Sementara keuangan masih mengandalkan dari mereka. Bahkan semuanya masih tergantung dengan orang tua.
Mungkin juga, pemblokiran dengan pasangan halal Anda. Dalam tulisan ini memang beberapa kali disinggung tentang pasangan halal. Ya, agar Anda yang belum dapat, semoga segera mendapatkannya. Bagi Anda yang laki-laki, mencari tulang rusuk, sedangkan bagi Anda yang perempuan, mencari tulang punggung. Keduanya mencari tulang, terus yang mencari dagingnya siapa? 😃
Dalam kehidupan rumah tangga Anda, boleh jadi atau bisa jadi atau mungkin saja, ada konflik dengan sang pasangan. Mungkin karena masalah kecil atau masalah besar. Bukankah masalah kecil yang terus terjadi bisa menjadi masalah besar juga? Waow…! 
Kalau pasangan halal Anda sudah marah atau jengkel dengan Anda, mungkin akan diambil sikap diam. Tidak cuma dalam waktu singkat lho! Boleh jadi lama. Dan, itu membutuhkan kedewasaan Anda dalam menangani masalah itu. Tambahan lagi, justru di situlah romantisme rumah tangga akan tercipta. Kapal yang bagus, perlu dicoba untuk berlayar di lautan yang penuh badai. Bila memang bagus, maka akan tetap bertahan. Percayalah, bahwa Anda yang laki-laki sebagai nakhoda, sedangkan istri Anda sebagai juru kemudi. Asal jangan jadi bajak laut saja ya! Membajak itu di sawah, bukan di laut. Benar ‘kan?

Baca Juga  Karena Rahmat Allah, Dia Jadikan Untukmu Malam Dan Siang

Masih Ada Lagi Pemblokiran?

Tali Hubungan Kita dengan Allah Jangan Sampai Terputus
Ya, apalagi yang lebih mengerikan? Oh, ternyata ada! Dari mana itu datangnya? Jelas jawabannya dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Bila kita membaca Al-Qur’an, maka akan kita temukan dalil-dalil tentang Allah yang sudah cuek dengan hamba-hamba-Nya. Sudah diberikan peringatan berkali-kali, tetapi tetap cuek bebek. Tidak peduli. Akhirnya, Allah pun tidak lagi peduli. Nah, kalau ini sudah terjadi, maka akibatnya akan sangat luar biasa buruk. Allah tinggal memasukkan hamba itu ke dalam neraka. Naudzubillah. Hal itu karena hati si hamba sudah mati. Hidayah sudah tidak ada. Petunjuk kebenaran apalagi. 
Anda bisa simak berikut ini: Sebab Datang dan Hilangnya Hidayah Allah. Boleh juga Anda meluncur ke sini: Allah Menutup Hati Hamba. Orang-orang yang hatinya sudah ditutup oleh Allah jelas yang pertama adalah orang kafir. Kalau ini, sudah jelas meluncur dengan mulus ke neraka Jahannam. Kebaikan yang mereka lakukan di dunia ini akan musnah dan tidak dianggap apa-apa karena bukan dalam bingkai Islam. Beda halnya dengan kebaikan sekecil apapun oleh orang Islam, maka mungkin saja nilainya akan sangat besar di sisi Allah Ta’ala. 
Bila Allah sudah menutup hati seorang hamba, maka itu tanda yang nyata bahwa Allah memblokirnya. Orang itu terblokir dari petunjuk atau hidayah untuk melakukan ketaatan dan ibadah lainnya. Jika petunjuk sudah tidak ada, maka akan tersesat. Dan, tentu ujung dari kesesatan itu adalah neraka. Wal’iyadzubillah. Ini adalah pemblokiran yang luar biasa buruk dampaknya bagi manusia. Allah yang Maha Memberi Petunjuk sudah tidak mau lagi memberikan, maka mau minta petunjuk kepada siapa? Google Maps?! Padahal banyak yang tertipu dengan aplikasi itu, apalagi untuk petunjuk yang lebih besar.

Memohon Lewat Doa Agar Jangan Sampai Diblokir Allah

Doa dan Terus Berdoa
Ketika medsos diblokir, akan ada dampak kerugian yang cukup besar. Pekerjaan, bisnis, bahkan dakwah akan terdampak semua. Sampai kapan ini akan berakhir? Ya, sampai dicabut oleh pemerintah yang katanya menunggu sampai situasi kondusif. Padahal pemblokiran itu justru membuat situasi kurang kondusif. Bagaimana dengan mereka yang berusaha mencari tambahan penghasilan menjelang lebaran dengan menggenjot bisnis onlinenya? Bagaimana juga orang-orang yang terus bekerja meskipun sebagian lainnya sudah mulai libur? Intinya, dua sisi yang mempunyai dampak masing-masing. Menyebarkan hoax atau berita bohong juga tidak baik, diblokir medsos terus juga dampaknya tidak bagus bagi banyak orang. 
Namun, jika kita merenung lebih dalam, jangan sampai Allah yang akan memblokir kita! Mungkin kita masih diberikan nikmat, tetapi kurang berkah. Uang masih ada, masih dikasih, tetapi kok rasanya cepat habis? Cuma numpang lewat. Terasa tidak nyaman di hati. Terasa kurang berkah. Itu mungkin Allah sudah mulai memblokir kita. 
Jelas untuk perkara ini, kita harus meminta kepada Allah. Berdoa kepada Allah. Jangan sampai Allah sudah cuek dengan kita. Sudah tidak peduli dengan kita di dunia ini. Hati kita ini mudah sekali berubah karena memang berada di antara jari-jari Allah. Mudah sekali bagi Allah membolak-balikkannya sesuai kehendak Allah.
Hidayah, petunjuk, rezeki, ampunan dan perlindungan masih selalu kita butuhkan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Yuk, kita terus berdoa, apalagi masih di bulan Ramadhan yang mulia ini. Diblokir memang sesuatu yang tidak menyenangkan. Meskipun ada sisi lain diblokir itu sangat bagus. Apakah itu? Apalagi kalau bukan memblokir hal-hal yang bisa merusak cinta suci Anda bersama pasangan halal Anda? Waduh, bicara tentang nikah terus ini! Ya, jelas, karena setelah Ramadhan adalah bulan Syawal. Persiapkan diri Anda para bujangan yang JoSH alias Jomblo Sampai Halal!
Semoga tulisan ini bermanfaat dan mudah-mudahan Allah menjaga kita semua tetap dalam hubungan yang indah penuh cinta dengan-Nya. Aamiin…
وصلى الله وسلم وبارك على نبينا محمد وآله وصحبه أجمعين، وآخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين

Wa’allohu alam bisshowab…


Silakan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here